top of page

Mitos atau Fakta: Anak Kecil Tidak Boleh Diberikan Madu?

Halo Acaii Friends, mungkin di antara kalian ada yang pernah mendengar bahwa anak kecil tidak boleh diberikan madu karena berisiko botulisme. Namun, apakah benar demikian? Berikut adalah jawaban dari beberapa pertanyaan seputar mitos atau fakta tentang memberikan madu pada anak kecil:


1. Mitos atau fakta: Bayi tidak boleh diberikan madu karena berisiko botulisme

Fakta. Madu dapat menyebabkan botulisme pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Botulisme adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan bahkan kematian pada bayi.

Bakteri ini dapat hidup di dalam madu dan mudah berkembang biak di dalam saluran pencernaan bayi yang belum sempurna. Oleh karena itu, para ahli kesehatan merekomendasikan agar bayi di bawah 1 tahun tidak diberikan madu


2. Mitos atau fakta: Madu bisa dijadikan sebagai tambahan pemanis pada MPASI

Mitos. Meskipun madu mengandung gula alami yang lebih sehat dibandingkan gula pasir, namun tetap saja tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi di bawah 1 tahun.

Selain itu, pemberian pemanis pada MPASI juga tidak dianjurkan karena dapat mempengaruhi selera makan bayi dan meningkatkan risiko obesitas di kemudian hari


3. Mitos atau Fakta: Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak

Fakta. Madu memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Madu mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol yang memiliki efek antiinflamasi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Selain itu, madu juga dapat membantu tubuh menjaga kesehatan secara keseluruhan, meningkatkan nafsu makan, serta menambah berat badan anak.


4. Mitos atau fakta: Madu menyebabkan batuk pada anak?

Mitos. Sebaliknya, faktanya madu dapat membantu meredakan batuk pada anak. Madu mengandung senyawa antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan iritasi pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Studi menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi frekuensi batuk serta meningkatkan kualitas tidur anak.


Itulah beberapa fakta dan mitos seputar memberikan madu pada anak kecil. Meskipun madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tetap disarankan untuk tidak memberikan madu pada bayi di bawah 1 tahun ya Acaii Friends! Semoga informasi ini bermanfaat!


0 comments

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page