top of page

Hati-Hati! Dampak Negatif Minuman Berkafein terhadap Kesehatan Anak

Sebagai orang tua, kita pasti ingin menjaga kesehatan si kecil dengan asupan yang bernutrisi. Namun, beberapa asupan terlebih lagi minuman yang sering dikonsumsi anak-anak bisa saja mengandung kafein loh.


Perlu dicatat nih Acaii Friends, kafein tidak hanya ditemukan di kopi, tetapi ada pula dalam teh, coklat, matcha, minuman soda, dan olahan es krim kopi. Oleh karena itu, menghindari olahan kopi saja tidak cukup, apalagi kalau si kecil mulai terbiasa konsumsi kafein. Sebelum lebih jauh, berikut ini dampak negatif bagi anak-anak mengonsumsi kafein:


Dampak Negatif Kafein Pada Anak

  • Gangguan tidur: Kafein memiliki efek stimulan yang membuat aktif dan energik. Hal ini bisa menjadi masalah pada gangguan jam tidur anak.

Akibat jam tidur yang berkurang si kecil menjadi mudah kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan mengalami masalah serius lain yang mengganggu perkembangan si kecil nih Acaii Friends.

  • Dehidrasi: Kafein yang bersifat diuretik ini menyebabkan si kecil jadi lebih sering buang air kecil. Hal ini dapat memburuk jika dibiarkan terus-menerus.

Terutama bagi anak-anak aktif dan kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap asupan cairan mereka nih Acaii Friends. Mengingat tubuh si kecil yang terus bergerak membuatnya cepat kehilangan air dan mengakibatkan dehidrasi.

  • Kecemasan dan gelisah: Kafein dapat menyebabkan perasaan cemas dan gemetar pada anak-anak. Hal ini bisa diindikasikan sebagai masalah terutama bagi anak-anak dengan gangguan kecemasan.

  • Perubahan tingkah laku: Karena kafein bersifat stimulan, hal ini pun dapat mempengaruhi zat kimia lain dalam otak yang mengatur tingkah laku dan cara bersosialisasi anak. Anak yang terbiasa mengonsumsi kafein berlebih cenderung menjadi hiperaktif, mengalami perubahan suasana hati (mood swing), dan mudah merasa cemas.

  • Peningkatan denyut jantung dan tekanan darah: Kafein yang sifatnya stimulan memacu hormon adrenalin loh. Akibatnya membuat denyut jantung jadi meningkat. Selain itu, minum kafein berlebih dapat meningkatkan tekanan darah pada anak. Hal ini bisa berbahaya bagi anak dengan masalah jantung.

Setelah mengetahui dampak negatif kafein pada anak, sebagai orang tua, kita mesti menjadi contoh yang baik kepada anak kita nih, Acaii Friends.


Selain menjadi contoh yang baik, memberikan perhatian lebih untuk asupan yang dikonsumsi si kecil bisa diterapkan juga loh. Seperti mengonsumsi air mineral, jus buah, dan susu yang membantu menambah nutrisi dalam tubuh mereka. Gimana Acaii Friends, yuk mulai membiasakan menjadi contoh baik dan lebih memperhatikan asupan baik bagi si kecil untuk tumbuh kembang mereka.


0 comments

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page