top of page

Efek Kekurangan Vitamin D Pada Anak

Acaii Friends, ada yang tahu nggak sih, di Indonesia banyak ditemukan kasus pada anak yang mengalami defisiensi (kekurangan) Vitamin D loh. Udah tahu belum? Hmm…


Padahal, memperoleh Vitamin D sangat mudah loh, dengan cara berjemur pada pagi hari dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi Vitamin D, mudah bukan?


Lantas, jika si kecil kekurangan Vitamin D, apa saja yang terjadi?


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa dampak negatif yang dapat dirasakan anak, jika mengalami kekurangan Vitamin D:

  • Masalah Tulang

Vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perlindungan tulang. Salah satu dampak dari kekurangan Vitamin D adalah masalah pada tulang.


Salah Satu penyakit tulang yang rakitis. Rakhitis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah, mudah patah, dan dapat menyebabkan deformitas (posisi tulang yang tidak normal).


Anak-anak dengan rakhitis seringkali mengalami pertumbuhan terhambat. Oleh karena itu, penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan cukup Vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang mereka.

  • Penyakit Infeksi

Vitamin D tidak hanya berperan dalam kesehatan tulang, tetapi juga dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sebagai orang tua Acaii Friends harus memastikan si kecil tidak kekurangan Vitamin D agar terhindar dari berbagai penyakit.

  • Kesulitan Mengendalikan Emosi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan Vitamin D pada anak dapat berkaitan dengan emosi anak loh Acaii Friends. Berikut beberapa gejala yang perlu Acaii Friends perhatikan, seperti mudah cemas, gelisah, dan suasana hati yang buruk.

  • Gangguan Pertumbuhan

Seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa Vitamin D berperan penting dalam fase tubuh dan kembang anak. Sehingga jika anak tidak mendapatkan Vitamin D yang cukup selama masa pertumbuhan, anak tidak mencapai tinggi badan yang optimal. Oleh karena itu, penting bagi Acaii Friends untuk rutin memastikan anak mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup selama masa pertumbuhan mereka.


Cara Mencegah

Pencegahan kekurangan Vitamin D pada anak-anak sangat penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Perhatikan Asupan Si Kecil: Pastikan mengonsumsi Vitamin D yang cukup dari makanan, seperti ikan berlemak, telur, dan produk susu.

  • Paparan Sinar Matahari yang Sehat: yang kedua, pastikan anak bermain di luar pada pagi hari, agar mendapatkan cukup paparan sinar matahari. Tidak lupa pastikan si kecil menggunakan sunscreen sebelum bermain di luar yaa Acaii Friends.


0 comments

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page