top of page

Catat! Ini 5 Faktor yang Menyebabkan Anak Sulit BAB dan Cara Mengatasinya

Kesehatan pencernaan anak merupakan aspek yang sangat penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, salah satu masalah umum yang sering dialami oleh anak-anak ialah sulit buang air besar (BAB).

Nah, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi, tetapi tenang saja Acaii Friends dengan pemahaman yang baik dan perawatan yang tepat kita dapat membantu si kecil mengatasi masalah ini. Berikut adalah lima faktor penyebab anak mengalami masalah BAB dan cara mengatasinya:


1. Diet yang Tidak Sehat:

Asupan makanan adalah penyebab paling umum sembelit pada anak-anak. Mengonsumsi makanan yang terlalu tinggi lemak dan kurang serat, seperti makanan cepat saji, seringkali menyebabkan masalah buang air besar. Kurangnya cairan dan intoleransi laktosa juga dapat menjadi penyebab masalah buang air besar pada si kecil loh.


Cara mengatasinya: Sebagai orang tua, kita bisa mengakali asupan mereka dengan menyajikan makanan yang kaya serat, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Acaii Friend juga bisa memberikan Juice Acaii Tea Kids Series yang kandungannya 100% alami loh


2. Kurang Bergerak:

Sembelit lebih sering terjadi pada anak-anak yang malas gerak (mager). Terbiasa mager sejak dini sangat mempengaruhi gerakan usus nih Acaii Friends, pasalnya aktivitas fisik membantu usus menentukan keinginan untuk buang air besar loh.


Cara mengatasinya: Sebagai orang tua, kita bisa membuat aktivitas fisik bersama anak dan memastikan si kecil tetap bergerak dan berolahraga.


3. Fobia (ketakutan) terhadap Toilet:

Beberapa anak mungkin mengalami trauma atau ketakutan saat menggunakan toilet. Trauma bisa terjadi karena si kecil mengalami kejadian yang tidak mengenakkan sehingga mereka enggan BAB di toilet.


Cara mengatasinya: Jika itu masalahnya, cobalah untuk membuat kamar mandi lebih nyaman dan memasang karakter kesukaan mereka sehingga mereka merasa aman ketika BAB.


4. Menahan BAB:

Anak berusia dua tahun biasanya sangat senang-senangnya bermain. Seringkali, si kecil enggan meninggalkan permainannya bahkan untuk pergi ke toilet sekalipun.


Cara mengatasinya: Agar tidak menjadi kebiasaan, kita sebagai orang tua bisa menanyakan kepada si kecil untuk meluangkan waktunya pergi ke toilet dengan cara tidak memaksakan sehingga anak-anak pun terbiasa untuk buang air besar.


5. Stres atau kebingungan:

Anak yang kebingungan dapat membuat dirinya stress loh, Acaii Friends. Hal ini bisa terjadi karena kurang pandainya si kecil berkomunikasi sehingga apa yang ingin disampaikan dipendam oleh mereka dan membuat si kecil stress.


Cara mengatasinya: Bicarakan dengan si kecil tentang perasaan mereka dan cari solusi bersama jika ada masalah yang disebabkan oleh stres.


Bagaimana Acaii Friends, dengan peran kita orang tua yang penuh perhatian dan memahami kondisi anak. Perubahan yang sesuai dalam pola hidup anak dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih sehat.

0 comments

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page