top of page

Anemia Bisa Terjadi Pada Anak? Kok Bisa?!

Tahukah Acaii Friends bahwa 1 dari 3 anak di Indonesia rentan menderita anemia.


Namun, sampai saat ini seringkali anemia dianggap sebagai masalah yang sepele. Padahal, jika terus diabaikan dapat berdampak serius terhadap kesehatan anak loh.


Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi, yang diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Zat besi adalah bagian penting dari hemoglobin, bagian sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, jaringan dan organ tubuh tidak akan mendapatkan jumlah oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, zat besi juga termasuk mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan daya tahan tubuh, serta perkembangan otak, motorik, dan sensorik.


Untuk itu, penting bagi orangtua memastikan si kecil mendapatkan cukup zat besi. Berikut langkah untuk mencegah anemia (defisiensi zat besi) pada anak:

  1. Berikan daging merah tiga hingga empat kali seminggu. Selain itu, Acaii Friends dapat menyediakan makanan seperti ikan, telur, kacang-kacangan, dan sayuran. Perhatikan cara mengolahnya agar jumlah zat besi dalam makanan tidak berkurang secara signifikan. Untuk sarapan sesekali, Acaii Friends dapat memberi si Kecil sereal yang diperkaya zat besi.

  2. Menghindari memberikan si kecil teh saat makan utama, karena teh mengandung zat tanin yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dari makanan.

  3. Berikan si Kecil makanan yang mengandung Vitamin C, seperti brokoli, tomat, jeruk, kiwi, pepaya, dan stroberi. Vitamin C membantu tubuh si Kecil menyerap lebih banyak zat besi, jadi lebih baik jika Acaii Friends mengolah makanan yang mengandung zat besi bersama dengan makanan yang tinggi Vitamin C.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan. Penting untuk diingat bahwa tidak semua anak dengan anemia akan menunjukkan gejala. Oleh karena itu, tes darah rutin pada anak sangat penting untuk memantau kondisi kesehatan mereka. Beberapa gejala yang terlihat pada si kecil:

  • Kulit terlihat pucat

  • Mudah marah

  • Lesu

  • Pusing

  • Sakit pada lidah

  • Detak jantung cepat

  • Napas cepat

Sebagai orangtua Acaii Friends memiliki peran penting dalam mencegah anemia defisiensi zat besi pada anak. Dengan memberikan perhatian khusus pada pola makan anak, dengan begitu Acaii Friends dapat membantu mencegah masalah kesehatan yang dapat muncul akibat anemia.


0 comments

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page